4 Tempat Les & Belajar Online yang Bisa Cicilan Pakai Kredivo

https://lh5.googleusercontent.com/1WpDxn-sB5vR2AQzEXVLrdLpWWbNt3QeEC5NiB_gVZSxqe6tJP-cli1ijLsV1w9fpXpElLDqcpw2Lio_3m4dJIZyrrT5EmjMu24-xOuvVKrOMjDfe3tZkLgDJg55r0HMNf3f-t3O

Di Indonesia, mendaftarkan anak ke tempat les, kursus, hingga bimbel, setelah jam sekolah adalah hal yang terbilang sudah lumrah dilakukan oleh banyak orangtua. Salah satu tujuannya adalah agar anak bisa semakin baik dalam memahami materi pelajaran di jenjang sekolahnya. Seiring perkembangan zaman, les atau kursus tidak lagi hanya bisa didapat dari tempat bimbel konvensional yang mengharuskan tatap muka. Bimbel, les, dan belajar online juga sudah mulai populer dari sejak sebelum pandemi covid-19 menyerang. 

Nah, di tengah pandemi seperti sekarang, akses les, kursus, serta belajar online yang dijalankan sejumlah educational technology (edutech) bisa menjadi pilihan terbaik bagi para orangtua untuk anak-anaknya. Yang membuat les dan belajar online populer di tengah pandemi bukan hanya karena sistem belajarnya yang daring, tapi juga karena harga paket, pilihan materi ajar, promosi, serta metode pembayarannya sangat bervariasi dan kekinian.

Sebagai contoh, kalau di tempat bimbel konvensional hanya bisa bayar tunai atau angsuran beberapa kali, di edutech, orangtua bisa juga bayar pakai fintech cicilan dan pinjaman uang seperti Kredivo. Nggak perlu punya kartu kredit, bayar uang les dan belajar online cukup dengan punya akun & limit dari Kredivo. Belum ditambah dengan aneka promosi dan potongan harga yang menggiurkan untuk pengguna baru atau transaksi pertama. 

Buat para orangtua ataupun kamu pengguna Kredivo yang ingin ambil les atau kursus online dari materi tertentu, baik untuk anak atau diri sendiri, berikut ini ada 4 lembaga pilihan yang tersedia: 

Bahaso

Bahaso adalah lembaga/start up belajar bahasa asing (Inggris dan Mandarin) karya anak bangsa yang berdiri sejak tahun 2015. Bahaso diciptakan sebagai solusi bagi orang-orang yang mau belajar bahasa asing dengan cara yang lebih fleksibel, efektif, dan efisien dari segi waktu. Metode belajar bahasa yang ditawarkan Bahaso adalah melalui teks audio dan video dengan pendekatan faktor psikologis, interaksi, serta pengalaman penggunanya. Di Bahaso, juga terdapat fitur atau program Live Teaching di mana peserta akan mendapatkan pengajaran atau bimbingan online dari para tutor. Bahaso juga menyediakan kelas online untuk persiapan TOEFL dan IELTS. 

Paket ajar yang ditawarkan Bahaso ada 3, yaitu: Basic, Intense, dan Fluent. Untuk Paket Basic, biayanya adalah Rp 1 juta untuk periode 1 bulan dengan durasi total belajar 500 menit. Untuk Paket Intense, biayanya adalah Rp 3 juta untuk periode 3 bulan dengan durasi total belajar 2.000 menit dan free handphone untuk menelepon tutor. Sementara untuk Paket Fluent, biayanya adalah Rp 5,5 juta untuk periode 6 bulan dengan durasi total belajar 4.000 menit dan free handphone Android untuk fasilitas interaksi dengan tutor. 

Wall Street English

Berbeda dengan Bahaso, Wall Street English adalah lembaga kursus dan pusat belajar bahasa Inggris dari Amerika Serikat yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2007. Ada sekitar 7 cabang Wall Street English di Indonesia, yaitu 5 di Jakarta, 1 di Tangerang, dan 1 lagi di Bandung. Ada 4 program utama yang ditawarkan Wall Street English, yaitu WSE GO, VIP, IELTS, dan WSE Profesional Skills. Nah, WSE Go adalah program belajar dari Wall Street English yang berbasis online 100%. Dengan menghadirkan native english trainer, pelajaran dan kelas di program WSE GO dikemas dalam bentuk aplikasi digital learning platform yang interaktif. Sementara biaya kursusnya berkisar mulai dari Rp 1 juta per bulan. 

Ruangguru

Berbekal tagline “Bimbel Online No.1 di Indonesia”, Ruangguru adalah salah satu start up teknologi bidang pendidikan karya anak bangsa yang didirikan sejak tahun 2014. Ruangguru menawarkan layanan belajar berbasis teknologi berupa kelas virtual, platform ujian online, video belajar, les privat, dan berbagai konten pendidikan untuk berbagai jenjang. Ruangguru juga bermitra dengan ratusan ribu guru yang menawarkan jasanya dalam berbagai bidang pelajaran serta 32 Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Mulai dari materi pelajaran SD, SMP, dan SMA, semua tersedia di platform Ruangguru dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Secara umum, ada 6 jenis layanan utama yang ditawarkan Ruangguru yaitu: Ruang Belajar, Ruang Les Online, Ruang Belajar Plus, Ruang Uji, Ruang Les, hingga Ruang Kelas. Sementara untuk biayanya bervariasi tergantung dengan pilihan layanan dan materi pelajaran. 

Maubelajarapa

Sesuai dengan namanya, maubelajarapa.com adalah platform pasar online khusus bagi para pembelajar dalam mencari dan mendaftar berbagai kelas vokasional yang dibutuhkannya. Berdiri sejak 2015, maubelajarapa cocok digunakan bagi kita yang memiliki ketertarikan pada bidang tertentu hingga ingin mengasah atau mencoba keahlian di bidang lain. Sejauh ini, ada 4 kategori kelas paling populer di maubelajarapa.com, yaitu Watercolor, Calligraphy, Digital Marketing, dan Fashion. 

Berbeda dengan 3 layanan atau platform sebelumnya yang menawarkan materi belajar formal, di maubelajarapa bentuknya adalah workshop langsung antara tutor dengan peserta. Ada yang durasinya singkat, ada juga yang berbentuk paket rangkaian materi ajar. Harga workshop juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tergantung bidang, materi, dan level. Nah, di tengah pandemi, maubelajarapa juga memiliki banyak kelas daring hingga webinar yang menarik. Terutama di bidang Digital Marketing, Art, dan Big Data. 

Bayar Pakai Kredivo, BIsa Langsung Belajar!

Jika tertarik dengan salah satu platform kelas online di atas, kamu yang sudah menjadi pengguna Premium Kredivo dan punya limit yang mencukupi bisa langsung daftar lho. Sebab, keempat platform edutech di atas sudah bermitra dengan Kredivo dalam hal pembayaran. 

Namun syaratnya, pastikan harga kursus, materi ajar, atau workshop yang kamu ikuti memiliki harga minimum Rp 1 juta. Dengan begitu, kamu bisa mendapat opsi cicilan dengan tenor 3/6/12 bulan, tanpa uang muka, dan suku bunga 2,95% per bulannya dengan menggunakan Kredivo. 

Buat kamu yang belum daftar atau punya akun Kredivo, kamu bisa mencobanya sekarang asalkan sudah memenuhi 3 syarat berikut: 

  1. WNI yang berusia minimum 18 tahun. 
  2. Berpenghasilan tetap minimum Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Bukan cuma praktis bisa digunakan untuk cicilan di berbagai merchant, Kredivo juga dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman uang di kala darurat. Pinjaman uang di Kredivo terbagi atas 2 jenis: pinjaman uang mini dan pinjaman uang jumbo. Jika kebutuhannya kecil, kamu bisa pilih fitur pinjaman mini di aplikasi Kredivo. Pengajuan pinjaman minimal 500 ribu dengan waktu pengembalian maksimal 30 hari. Jika kebutuhannya menengah, kamu bisa pilih fitur pinjaman uang jumbo dengan pengajuan pinjaman minimal Rp 1 juta dan opsi tenor 3/6 bulan. 

Psst, jika daftar sebagai pengguna Premium, kamu juga berpeluang mendapat limit maksimal s.d Rp 30 juta, lho. Yuk, coba sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *