Tips Belanja Online Yang Aman dan Nyaman Tanpa Gangguan

main image

Tips belanja online untuk para wanita mungkin bisa berbeda dengan pria, karena mayoritas pria tidak terlalu memusingkan model dan juga harga. Pria biasanya hanya memilih warna, merek dan juga ukuran.

Tetapi wanita sering menentukan beberapa standar yang mungkin justru akan membuat mereka kebingungan untuk memilih. Nah, tips belanja online apa saja yang pas untuk wanita sehingga belanja di mainan anak seperti lego city menjadi aman dan nyaman tanpa gangguan?

1. Pengukuran Tepat

Hal ini dilakukan terutama untuk pembelian sepatu dan atasan. Beberapa ukuran yang harus dicatat dengan tepat adalah ukuran dada, ukuran pinggang, dan ukuran pinggul dan pantat. Yang paling pas untuk dilakukan saat mengukur pinggang dan pinggul adalah dengan duduk.

Hal ini terutama saat wanita membeli bawahan yang terbuat dari bahan yang tidak dapat melar. Untuk ukuran panjang bawahan, ukur tubuh bagian bawah dari pantat hingga bagian kaki yang ingin tetap tertutup saat duduk. Hal ini untuk mengantisipasi wanita saat mengenakan high heels.

2. Bandingkan Ukuran Dengan Tabel Ukuran di Toko Online.

Mengecek tabel ukuran secara detail sangat penting. Cek tabel di toko online sekaligus di situs resmi dari produk tersebut. Biasanya, busana dari desainer ternama memiliki tabel lengkap untuk ukuran perbandingan produk di Eropa, Amerika Serikat, Kanada dan Asia. Membandingkan ukuran di situs resmi dan toko online yang menjualnya juga sangat bijaksana, dimana ukuran akurat pastilah yang tercantum di situs resminya.

3. Pastikan Pemilihan Kain Sesuai Dengan Selera dan Kebutuhan

Hal kedua yang tidak dapat langsung dicek saat membeli busana secara online adalah bahan kain. Memang terkadang situs belanja menuliskan bahwa busana tersebut terbuat dari sutra, padahal pengguna nantinya akan menerima busana dari bahan satin.

Pastikan lapak tersebut memiliki review bagus dari para pembelinya. Hal kedua yang terpenting dari pemilihan kain adalah pengguna harus tahu jenis kain yang ia suka ataupun yang tidak cocok ia kenakan. Misalnya, beberapa wanita terlihat tidak pas saat mengenakan celana stretch dengan bahan katun. Maka sebaiknya ia jangan lagi membeli bahan kain yang sama saat belanja online. Bisa jadi nanti penampilannya janggal saat mengenakannya.

4. Pesan Dengan Ukuran Terbesar

Bagi mereka yang memiliki tubuh yang ‘ekstra’, lebih baik memilih busana dengan ukuran yang lebih besar ketimbang ukuran tubuh yang sebenarnya. Mayoritas busana yang dijual secara online biasanya berukuran sangat pas dengan ukuran tubuh.

Jika pembeli tidak menyimpan ‘cadangan’ ukuran, bisa jadi nantinya baju yang ia pesan tidak muat pada tubuhnya. Lebih baik membeli busana yang sedikit lebih besar, karena masih dapat dikecilkan, ketimbang baju yang tidak muat.

5. Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang

Bagi para wanita, pengembalian barang sangat penting artinya. Sedikit saja ada desain yang meleset dari gambar yang tersedia, mereka pasti ingin mengembalikan barang tersebut. Hal ini tentu sah-sah saja. Tetapi, pembeli harus membaca syarat dan ketentuan pengembalian barang secara detail. Jika tidak, nanti penyesalan akan muncul seumur hidup!

6. Maksimalkan Sosial Media

Banyak butik menawarkan produk mereka melalui Facebook atau Instagram. Di Facebook, bahkan mereka membentuk grup sendiri dan mengundang beberapa orang untuk menjadi anggota. Hal ini tentu akan sangat memudahkan pembeli, sehingga pembeli dapat menanyakan langsung tentang detail produk yang akan mereka beli kepada penjual. Jika si penjual sudah memberikan banyak masukan bermanfaat, lantas jangan membeli di kompetitornya, ya.

Nah, siap belanja online tanpa harus khawatir salah menerima barang dan terlalu banyak mengeluarkan uang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *