Cara Membuat Cilung Yang Enak

Resep Cilung ala Yummy, Jajanan Khas Sunda yang Gurih Banget

Cilung bisa jadi salah satu favorit makan anda di rumah jika anda mau membuatnya. Tetapi tahukah anda apa singkatan dari cilung ini? Cilung adalah singkatan dari aci digulung. Nah makanan ini popular di daerah Jawa Barat. Cilung ini memiliki rasa yang berbeda dan bahannya mudah saja dibuat. Cilung ini hanya memerlukan keahlian anda dalam menggulungnya. Cilung ini juga ada yang diisi dengan berbagai bahan yang lezat. Cilung ini sendiri biasanya dijual di depan sekolah dasar. Jadi untuk cemilan anak anda pasti suka sekali. Berikut cara membuat cilung yang enak.

  • Cilung Biasa

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilung biasa adalah tepung sagu 150 gram, garam kaldu bubuk ayam, dan air. Kemudian untuk bahan adonan telurnya adalah telur ayam 2 butir, merica ½ sendok teh, garam 1/2 sendok teh dan air.

Cara membuat cilung biasa ini adalah dengan menyiapkan 2 wadah. 1 wadah diisi dengan kosokan tepung sagu, garam, kadu bubuk ayam dan air secukupnya hingga mencair. Setelah itu wadah yang kedua diisi dengan kocokan telur dengan diberikan garam, kalsu bubuk dan air. Setelah itu anda siapkan teflon ukuran sedang saja. Masukkan adonan telurnya tipis saja atau sedikit. Kemudian taruh diatasnya adonan acinya. Nah ambil dengan tusukan sate dan gulungkan pada tusukan sate tersebut. Cilung biasa siap dimakan dengan saus sambal atau tomat. 

  • Cilung Keju

Untuk lebih spesia lagi, sajian cilung keju bisa jadi sajian yang enak. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung aci atau sagu 20 sendok makan, garam, dan micin beserta air 100 ml. kemudian siapkan juga telur ayam 2 butir, garam dan merica secukupnya. Keju cheddar parut secukupnya.

Buat adonan aci dahulu dengan memasukkan semuanya dan juga taruh kejunya. Nah adonan telur juga dikocok bersama garam dan merica. Selanjutnya teflon dipanaskan dan berikan margarin sedikit. Tuangkan adonan telurnya sedikit saja dan masukkan adonan aci dan kejunya. Masak hingga matang dan ambil tusuk sate dan gulung.

  • Cilung Pedas

Cilung pedas ini bisa jadi cemilan pedas kesukaan anda. Bahan-bahan yang disiapkan adalah cabe merah 2 buah, telur ayam 1 buah, dan garam. Kemudian adonan acinya aci sekitar 15 sendok makan, air dan kaldu bubuk ayam. Jangan lupa tusukan sate.

Caranya adalah dengan mengiris cabenya jadi potongan tipis dan kecil. Kemudian anda kocok telu dan garam. Berikan air secukupnya dan masukkan cabenya. Selanjutnya kocok aci dan air bersama kaldu bubuknya. Siapkan teflon dan oleskan minyak sedikit saja. Cetak telurnya dan kemudian di atasnya ditambahkan adonan acinya. Masak hingga terlihat matang dan gulung ke tusukan satenya.

  • Cilung Sosis

Bahan-bahan yang diperlukan untuk cilung sosis adalah sosis siap makan rasa sapi 2 buah. Adonan acinya dibutuhkan aci 10 sendok makan, air dan garam. Selanjutnya adonan telurnya telur 3 buah, kaldu bubuk dan merica.

Cara membuatnya adalah dengan memotong sosisnya dahulu dan tusukan pada tusukan sate. Nah kocok adonan aci dan telur ditempat yang berbeda. Ambil adonan telur sesendok makan dantuang pada teflon berisi mentega. Kemudian ambil adonan aci dengan sendok sayur dan tuangkan diatas telur. Ambul tusukan sate berisi sosis dan gulung ke adonan yang dimasak tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *