5 Tips Jitu Liburan Keluarga dengan Low Budget

Mau Rehat tapi Hemat? Liburan Bareng Mister Aladin Aja Ada Diskon hingga  Rp100.000 dengan Pembayaran

Kondisi pandemi yang pelan-pelan mereda, tentunya menjadi sinyal yang baik bagi kita semua. Terutama sektor pariwisata yang kini sudah mulai pulih dan memikat banyak orang untuk kembali berlibur. Mulai dari paket liburan lokal, internasional, promo tiket pesawat, hingga hotel, sekarang sudah mulai gencar lagi bergaung dan mudah kita temukan. 

Bagi kita yang sudah penat bekerja, liburan tentu adalah salah satu cara terampuh untuk istirahat sebentar dari rutinitas. Apalagi kalau sudah berkeluarga, kemungkinan besar cita-cita berlibur bersama sudah terpikir dari jauh-jauh hari untuk menyenangkan pasangan atau anak. 

Sayangnya, meski sudah mulai kembali pulih, harga akomodasi travel kini masih terbilang tinggi. Otomatis, makin banyak orang yang ikut berlibur, biayanya juga akan semakin bengkak. Gimana, ya, cara mengatasinya?

Kalau kamu punya rencana berlibur keluarga di tahun ini, kamu bisa menyiasatinya dengan 5 cara ini supaya lebih murah: 

Rencanakan minimal 6 bulan sebelumnya

Makin dipersiapkan, liburan keluarga bisa semakin maksimal dan teratur juga bujetnya. Kalau kamu punya bujet yang nggak terlalu besar, ada baiknya liburan direncanakan minimal 6 bulan sebelumnya. Selain masih punya waktu menabung, kamu juga akan punya banyak waktu untuk menentukan tempat, survei harga di internet, hingga mencari aneka promo akomodasi travel yang bisa membantumu berhemat. Plus, untuk yang kerja full time di kantor, kamu bisa mulai menentukan waktu dan tanggal yang tepat untuk cuti supaya liburan bisa maksimal dan tidak terganggu urusan pekerjaan. 

Buat rincian budget yang diperlukan

Kalau sudah tahu kapan akan berlibur, maka langkah selanjutnya adalah membuat rincian bujet yang diperlukan dari mulai berangkat sampai pulang lagi. Makin jauh destinasinya, rincian bujet juga harus semakin detail, ya. Ini akan membantu kamu untuk bersiap-siap, terutama dari segi finansial supaya selama di perjalanan tidak ada kendala yang berarti. 

Mulailah dari akomodasi. Moda transportasi apa yang akan digunakan? Sebab, makin jauh destinasinya, otomatis harga atau ongkos transportasi akan makin besar. Kemudian, pilih dan cari hotel yang sesuai budget dan kebutuhanmu dan keluarga. Setelah itu, buat juga rincian aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan di destinasi tujuan beserta dengan harga tiket, makan, dan aktivitas lainnya. 

Kalau rincian bujet sudah disiapkan, maka angka total itulah yang perlu dicari atau dipenuhi sampai hari H-nya tiba. Dengan adanya rincian bujet, kamu juga akan tahu apakah bujetmu cukup untuk berlibur ke destinasi yang diinginkan? 

Jika belum, maka kamu masih punya waktu untuk ubah destinasi atau ubah tanggal keberangkatan hingga bujet cukup. 

Pilih tanggal liburan saat low season

Saat hari raya besar seperti Idul Fitri, Natal, atau libur tahun ajaran baru, adalah tiga momen peak di mana harga akomodasi liburan akan melonjak. Ini tentu seiring dengan kebutuhan yang juga melonjak karena banyak orang serempak berlibur dalam waktu bersamaan. 

Kalau bujet liburanmu tidak terlalu besar, maka salah satu cara menyiasatinya adalah dengan memilih tanggal yang low season. Ini biasanya terjadi sekitar bulan Agustus atau September, sebelum akhir tahun. Tapi, kekurangannya, kalau masih punya anak usia sekolah, tentu akan sulit untuk mengajak berlibur di waktu-waktu sekolah. 

Coret budget yang tidak perlu

Saat liburan, kita cenderung tidak berpikir dua kali dalam mengeluarkan uang. Termasuk urusan belanja dan beli oleh-oleh untuk keluarga, teman, atau saudara. Akan tetapi, hal ini jugalah yang bersamaan akan membuat budget liburan jadi bengkak. Apalagi kalau belinya pakai kartu kredit. Asyik gesek sana-sini selama libura, tau-tau tagihan bulan depan jadi besar. 

Kalau bujetnya nggak besar, maka nggak ada salahnya buat kamu mencoret beberapa hal yang tidak terlalu penting seperti oleh-oleh ini. Yang terpenting, kebutuhan dan kenyamanan keluarga selama perjalanan bisa terpenuhi. 

Pesan akomodasi dari jauh-jauh hari & manfaatkan promo cicilan

Meski sudah berangsur pulih dari pandemi, nggak bisa dipungkiri kalau harga moda transportasi seperti pesawat atau kereta masih mahal. Oleh karena itulah, solusinya adalah dengan memesan akomodasimu dari jauh-jauh hari. Selain bisa membandingkan harga antara maskapai satu dengan maskapai lain, online travel agent yang satu dengan yang lain, memesan dari jauh-jauh hari juga bisa membuat kamu dapat harga yang lebih rendah. 

Plus, ada waktu untuk mencari berbagai promo akomodasi traveling di berbagai merchant. Mulai dari promo cashback, cicilan kredit online, diskon, dan masih banyak lagi. 

Buat kamu yang nggak punya kartu kredit dan mau kredit akomodasi traveling, kini kamu bisa mengandalkan aplikasi cicilan kredit online yang sudah bermitra dengan banyak travel agent seperti Kredivo. 

Selain bisa memberikan limit sampai dengan Rp 30 juta, Kredivo juga mempunyai opsi cicilan yang sangat menarik untuk membantu kamu berhemat. Salah satunya adalah cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan, tanpa uang muka. 

Kamu bisa memanfaatkan opsi ini untuk ambil cicilan 0% akomodasi traveling langsung via aplikasi Kredivo, Pegipegi.com, Tiket.com, Garuda Indonesia, atau Citilink. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *